Senin, 16 November 2015

Install XAMPP for Linux di Ubuntu 10.04

Karena localhost adalah server paling cepat sedunia
Sebagai developer web, saya pasti butuh server lokal untuk development. Salah satu server yang dibutuhkan untuk PHP develpment adalah Apache, beserta pasangannya, MySQL. Nah, untuk memudahkan saya lebih suka pakai bundling langsung XAMPP for Linux, atau dulu biasa disebut LAMPP. Yang sering saya lupa adalah cara instalasinya, jadinya saya tulis di sini biar kalau lupa cukup kunjungi blog sendiri. Hehe.
Berikut cara instalasi yang saya lakukan sesuai petunjuk di website resminya.

  • Download dulu file instalasi dalam bentuk kompresi tar di website resminya.
  • Download
  • Buka terminal, lalu jalankan command di bawah ini.
  • ?
    1
    $ sudo tar xvfz -C /opt
    File harus di-extract di folder /opt. Dulu saya pernah coba extract di folder lain dan ternyata nggak jalan. Mungkin ada yang bisa kasih solusi gimana install di folder lain?
  • Yak, cukup. Itu saja langkahnya. Untuk menjalankan control panel-nya, tinggal panggil perintah:
  • ?
    1
    $ sudo /opt/lampp/lampp start
  • Parameter lain yang bisa dipakai:
    • start – menjalankan XAMPP
    • stop – memberhentikan XAMPP
    • restart – memberhentikan dan menjalankan XAMPP
    • startapache – hanya menjalankan Apache
  • Untuk uninstal, cukup jalankan command berikut:
  • ?
    1
    $ sudo rm -rf /opt/lampp
Beberapa file yang penting untuk konfigurasi:
  • /opt/lampp/etc/httpd.conf – konfigurasi untuk server Apache
  • /opt/lampp/etc/my.cnf – konfigurasi untuk server MySQL
Biasanya saya memindahkan pointer htdocs ke folder yang sama waktu saya pakai Windows untuk development (karena saya dual-booting). Demikian juga dengan MySQL-nya. Jadi nantinya bisa develop di 2 OS, kalau-kalau bosen develop di salah satu OS.

sumber  http://blog.haqqi.net/2010/12/install-xampp-for-linux-di-ubuntu-10-04/

Artikel Terkait ok



Tidak ada komentar:

Posting Komentar