Kamis, 22 April 2010

CARA MEMASANG INFUS PRINTER CANON PIXMA 1700

CARA MEMASANG INFUS PRINTER CANON PIXMA 1700

Canon Pixma 1700 (bisa juga utk ip 1200, 1300, 1600, 2200, 1880 dll).
Alat dan Bahan2 yang diperlukan :
1. Printer Pixma 1700.
2. Botol infus kosong (4 warna)

3. Selang 4 jalur
4. Arm (T)

5. Karet/rubber + nipel
6. Tinta 4 warna (CMYK)
7. Bor (ukuran 3).
8. Lem plastik tembak
9. Isolasi.

Urutan pekerjaan.

1. Pembuatan lubang di catridge
Untuk memasang selang di nipel, dibuat lubang di catridge hitam maupun warnanya (hitam = pg40, warna cl41). Kita dapat menggunakan catridge original maupun catridge compatible. Yang perlu diingat, kondisi catridge harus benar2 bagus (lancar/tidak tersumbat), untuk warna hitam, lubang nya ada satu dan warna ada tiga. Seperti gambar berikut ini :

Buat lubang seukuran 3, menggunakan bor, jangan terlalu besar lubangnya karena nanti akan dimasukkan rubber/karet, harus rapat biar tidak bocor, setelah lubang dibuat, masukkan karet kedalam lubang tersebut. Proses pembuatan lubang selesai.

2. Pemasangan selang, Arm dan Botol infus.
Pekerjaan selanjutnya pemasangan selang, namun sebelumnya posisikan rumah head di posisi kiri. Pasang catridge yang sudah dipasang karet tadi.


Selanjutnya pasang nipel di ujung selang, ukur sesuai lubang. Sesuaikan dengan warna tinta yang akan melaluinya, Atur posisi jalur selang yang bergerak, jangan sampai nyangkut, dengan cara menjepitkannya di arm, spt gambar diatas. Langkah terakhir, pasang selang di botol infusnya, sesuaikan warnanya, kemudian lem botol infus disamping tinta, biar tidak berubah posisi.

3. Pengisian tinta
Langkah selanjutnya pengisian tinta, buka tutup botol infus, isi tinta di botol yang sudah terpasang tersebut, sesuaikan dengan warnanya masing2, jangan sampai salah, kira2 100cc.

Setelah pengisian tinta, untuk mengalirkan tinta ke catridge kita tidak perlu melakukan cleaning/deep cleaning (utk mengurangi resiko waste ink/banjir  ), caranya, lepas nipel dari karet utk beberapa saat, tinta akan otomatis mengalir, perhatikan apakah aliran lancar, kalo tidak lancar berarti selang terjepit atau tertekuk, hati2 jangan sampai kelewatan. Lakukan pada ketiga warna yang lainnya, kemudian pasang nipel ke catridgenya.

4. Tes print.
Langkah terakhir, test print. Lakukan print test page untuk melihat hasilnya.

Artikel Terkait ok



2 komentar:

  1. maaf gan bisa diberi contoh step by step ga cara infus di canon IP1980. Thanks

    BalasHapus
  2. Trim, sangat membantu

    BalasHapus